Jumat, Juli 22, 2011

MANFAAT MENCUCI TANGAN

Hingga saat ini, mungkin barangkali sebagian dari kita masih belum menyadari bahwa ternyata tangan kita merupakan salah satu penghantar utama masuknya kuman penyakit ke tubuh manusia.
Proses kontak dengan kuman dapat terjadi di mana saja, melalui meja, gagang pintu, peralatan kerja, trolly di Supermarket atau Mall , pegangan eskalator dan sebagainya. Penelitian bahkan menyebutkan bahwa keyboard komputer di perkantoran dan gagang telepon mengandung lebih banyak kuman dari pada di toilet.
Oleh sebab itu sangatlah penting bagi kita untuk mencuci tangan dengan cara yang benar , karena kita berkontak dengan jutaan kuman setiap harinya. Mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu tindakan sanitasi untuk membersihkan tangan dan jari jemari dengan menggunakan air dan sabun oleh manusia untuk menjadi bersih dan berguna untuk memutuskan mata rantai kuman. Mencuci tangan dengan sabun dikenal juga sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit. Hal ini dilakukan karena tangan seringkali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang lain, baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung (menggunakan permukaan-permukaan lain seperti handuk, gelas, sendok).
Tangan yang bersentuhan langsung dengan kotoran manusia dan binatang, ataupun cairan tubuh lain (seperti ingus, dan makanan/minuman yang terkontaminasi saat tidak dicuci dengan sabun dapat memindahkan bakteri, virus, dan parasit pada orang lain yang tidak sadar bahwa dirinya sedang ditularkan.
Beberapa Penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan mencuci tangan dengan sabun yaitu :
1.Diare

Penyakit diare menjadi penyebab kematian kedua yang paling umum untuk anak-anak balita. Beberapa penelitian kesehatan menyatakan bahwa mencuuci tangan dengan sabun dapat memangkas angka penderita diare hingga separuh. Penyakit diare seringkali diasosiasikan dengan keadaan air, namun secara akurat sebenarnya harus diperhatikan juga penanganan kotoran manusia seperti tinja dan air kencing, karena kuman-kuman penyakit penyebab diare berasal dari kotoran-kotoran ini. Kuman-kuman penyakit ini membuat manusia sakit ketika mereka masuk mulut melalui tangan yang telah menyentuh tinja, air minum yang terkontaminasi, makanan mentah, dan peralatan makan yang tidak dicuci terlebih dahulu atau terkontaminasi akan tempat makannya yang kotor.

2.Infeksi saluran pernafasan

adalah penyebab kematian manusia terutama untuk anak-anak balita. Mencuci tangan dengan sabun mengurangi angka infeksi saluran pernafasan ini dengan dua langkah: dengan melepaskan patogen-patogen pernafasan yang terdapat pada tangan dan permukaan telapak tangan dan dengan menghilangkan patogen (kuman penyakit) lainnya (terutama virus entrentic) yang menjadi penyebab tidak hanya diare namun juga gejala penyakit pernafasan lainnya. Bukti-bukti telah ditemukan bahwa praktek-praktek menjaga kesehatan dan kebersihan seperti - mencuci tangan sebelum dan sesudah makan/ buang air besar/kecil - dapat mengurangi tingkat infeksi hingga 25 persen. Penelitian lain di Pakistan menemukan bahwa mencuci tangan dengan sabun mengurangi infeksi saluran pernafasan yang berkaitan dengan pnemonia pada anak-anak balita hingga lebih dari 50 persen.

3.Infeksi cacin

infeksi mata dan penyakit kulit, Penelitian juga telah membuktikan bahwa selain diare dan infeksi saluran pernafasan penggunaan sabun dalam mencuci tangan mengurangi kejadian penyakit kulit, infeksi mata seperti trakoma, dan cacingan khususnya untuk ascariasis dan trichuriasis.
Mengingat besarnya manfaat mencuci tangan dengan sabun , PBB melalui Badan Kesehatan Dunia kemudian mencanangkan tanggal 15 Oktober sebagai Hari Mencuci Tangan dengan Sabun Sedunia. Ada puluhan negara di dunia yang aktif berpartisipasi dalam hal ini, salah satu diantaranya adalah negara kita Indonesia.

Berikut di bawah ini beberapa langkah yang dapat diterapkan untuk mencuci tangan dengan cara yang benar :
1.Nyalakan keran, lebih diutamakan untuk menggunakan air yang tidak terlalu dingin atau air hangat yang mengalir
2.Gunakan sabun cuci tangan cair (lebih diutamakan daripada sabun batangan)
3.Gosokkan kedua tangan baik telapak maupun punggung tangan, sela jari, dan kuku selama 20 detik
4.Pastikan Anda membersihkan seluruh tangan terutama pada daerah sekitar kuku dan sela jari
5.Basuh kedua tangan sampai bersih dengan air keran
6.Keringkan tangan dengan handuk tissue atau pengering tangan electrik otomatis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar