Kamis, Mei 26, 2011

CHEMOTHERAPY

A.Definisi
Khemotherapy atau chemical treatment sering disingkat dengan kata “Chemo”. Obat ini berguna untuk membunuh sel kanker secara langsung kadang ditujukan sebagai obat “ Anti Canser “ atau Antineoplastics.
Obat chemo yang lain diantaranya adalah biologic response modifeirs, hormone therapy dan monoclonal antibody yang berbeda-beda dalam mengobati kanker. Saat ini, jenis-jenis obat chemo lebih dari 100 macam, dan masih banyak obat lagi yang sedang dalam penelitian dan pengembangan.

B.Manfaat
Chemotherapi digunakan untuk bermacam-macam tujuan, antara lain :
•Untuk mengobati penyakit kanker tertentu
•Untuk mengontrol pertumbuhan tumor ketika penyembuhan sudah tidak mungkin
•Mengecilkan ukuran tumor sebelum operasi atau terapi radiasi
•Membebaskan dari banyak gejala (antara lain rasa sakit)
•Menghancurkan sel kanker microscopic yang mungkin masih ada setelah operasi (Disebut sebagai Adjuvant Therapy). Tujuannya untuk menjaga agar kanker tidak kambuh lagi.

C.Istilah_Istilah Dalam Chemotherapy.

•Adjuvant Chemotherapy
Diberikan untuk menghancurkan sel-sel microscopic tumor yang mungkin masih ada setelah tumor diangkat melalui operasi . tujuannya agar kanker tidak kambuh.

•Neoadjuvant Chemotherapy
Diberikan sebagai pendahuluan sebelum operasi dilakukan. Bertujuan untuk mengecilkan tumor sehingga area operasi tidak meluas

•First Line Chemotherapi
Chemoterapi yang telah dinyatakan/ditetapkan melalui hasil riset dan uji klinis sebagai obat yang paling baik untuk merawat pasien kaknker. Bisa disebut juga sebagai standart therapy.

•Second Line Chemotherapy
Diberikan apabila tidak ada respon atau kambuh lagi setelah first line chemotherapi. Diharapkan dengan obat-obatan second line ini pengobatannya menjadi efektif. Bisa juga disebut sebagai salvage therapy.

•Palliative Chemotherapy
Tujuan utamanya bukan untuk menghilangkan tumor lagi, tetapi untuk meningkatkan kwalitas hidup pasien, menghilangkan rasa sakit. Biasanya kanker telah mengalami metastase.

D.Metode Pemberian
Kemoterapi diberikan dengan berbagai cara. Metode pelaksanaan pengobatakn kemoterapi dan dosis yang digunakan ditentukan setepat-tepatnya dari tes percobaan klinis. Kadang getah lambung bisa merusak beberapa zat kimia didalamnya, sehingga mengakibatkan suatu obat tidak bisa diberikan dalam bentuk tablet. Beberapa zat diketahui sebagai obat anti kanker hanya bisa diberikan secara intarvenous (diinfuskan), ada pula yang disuntikkan melalui Inta Muskuar (Otot).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar